Langsung ke konten utama

Modul MOPD ”BERKARAKTER” PAC. IPNU – IPPNU MADURAN TAHUN 2014

­­

Cover Modul Mopd PAC Maduran.
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK (MOPD) ”BERKARAKTER”
PAC. IPNU – IPPNU MADURAN TAHUN 2014 

PENGERTIAN
Orientasi pelajar ialah merupakan sarana awal guna memperkenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah baik fisil maupun social dengan berbagai dinamikanya sehingga peserta didik sanggup beradaptasi dalam proses belajar.

TUJUAN
Tujuan Umum
Ø  Menjadikan peserta Didik yang mempunyai Karakter baik yang melekat dalam dan sampai proses belajar – mengajar.
Ø  Membantu memperkenalkan peserta didik terhadap lingkungan agar peserta didik mampu beradaptasi dengan lebih mudahnya.
Ø  Memberikan kesan positif peserta didik terhadap lingkungan barunya.

Tujuan Khusus
Ø  Memahami kehidupan sekolah dan nilai – nilai karakter.
Ø  Mendorong Peserta didik agar mampu proaktif terhadap lingkungan.
Ø  Mendorong kepercayaan diri peserta didik sehingga berani beraspirasi.
Ø  Memotifasi agar peserta didik merasa bangga akan pendidikan di sekolahnya.

TARGET
Ø  Terbentuknya rasa percaya diri pada peserta didik terhadap lingkungan barunya.
Ø  Mampu bersosialisasi dan mempunyai ketrampilan organisasi yang baik.
Ø  Memberikan kesan positif pesert didik terhadap lingkungan sekolah.

PELAKSANAAN DAN PESERTA
Ø  Pelaksanaan                        : PAC. IPNU – IPPNU Maduran/Osis
Ø  Peserta                       : Siswa Baru SMP/SMA/SMK Sederajat

FORMAT KEGIATAN
Ada beberapa bentuk paket pelaksanaan MOPD hal ini di lakukan untuk mempermudah koordimasi dengan penyelenggaraan di antara lain :
Ø  Paket A : Pelaksanaan MOPD secara totalitas di tangani oleh PAC setempat dimana kegiatan ini di lakukan selama 3 hari dengan teknis terlampir.
Ø  Paket B : Pelaksanaan MOPD di tangani oleh TIM PAC setempat beberapa hari yang di tentukan, teknis selanjutnya di laksanakan oleh lembaga bersangkutan.
Ø  Paket C : Pelaksanaan MOPD di tangani oleh TIM PAC hanya beberapa materi yang di tentukan oleh lembaga bersangkutan.



Lampiran
            Dalam pelaksanaan MOPD, berikan kesan positif seawal mungkin ( Hari pertama MOPD ) pada peserta didik, kerena kesan pertama sangatlah penting di bangun.

PEMBAGIAN GUGUS
Kebanyakan dari peserta didik akan cendderung lebih bisa kenal satu sama lain apabila mereka di kelompokkan, oleh sebab itu metode pembagian gugus ini bisa menjadi alternative yang cukup membatu dalam proses pengenalan mereka dengan teman satu regu ataupun dengan lingkungan sekitar.
ü  Tiap peserta mendapat kertas yang berisi lagu, lalu peserta mengabung pada lagu yang sama dengan membunyikan lalu yang akan pada teks yang didapat, hal tersebut dapat diganti dengan nama binatang/ nama organ tubuhnya tanpa mulut bersuara dll.
ü  Perserta sudah diguguskan oleh panitia sendiri
ü  Peserta melingkar lalu panitia menghitung peserta sampai pada banyaknya gugus, contoh 1,2,3,4. Diulangi lagi sampai peserta trakhir, panitia mengiktruksikan peserta yang tadi hitunganya 1 kumpul 1,2 kumpul 2 dan seterusnya. Atau dimodel lagi.
ü  Paling mudah peserta di bariskan berbanjar  sesuai dengan gugus yang diinginkan, missal butuh gugus 4 maka 4 berbanjar kebelakang, setelah itu peserta dihadapkan kekanan atau kekiri, maka untuk barisan berbanjar depan sampai belekang sebagai gugus masing-masing.
ü  Peserta bernyanyi bersama-sama dengan kata yang telah ditentukan  banyaknya sesuai dengan kebutuhan gugus, sambil bernyanyi tiap-tiap kata yang dinyanyikan PD penujuk peserta satu demi satu. Maka untuk kata yang sama harus harus berkumpul, missal ‘’ marina – menari – diatas – menara ‘’ ( 4 kata = 4 gugus ) entar peserta yang tadi ditunjuk marina kumpul dengan dan seterusnya.
Catatan          : Biasanya peserta didik akan lebih mudah di kondisikan saat mereka di kelompokkan, metode gugus ini sangat efektif dalam menarik minat siswa agar lebih mudah berinteraksi dengan teman satu gugus.
Keterangan :

Setelah permainan pembagian gugus berlangsung peserta menetukan nama gugus. Ketua ,sekretaris, bendahara, yel-yel gugus
Untuk perkenalan sengaja tidak dimasukan dalam acara, sebab untuk perkenalan akan masuk secara otomatis dalam pembagian gugus, setelah pembagian gugus dan struturnya selesai, mereka diajak lagi sebuah permainan yang akan mengakrabkan mereka diantaranya;

ü  panjang – panjangan
Peserta dalam gugus dibagi 2/3 sup gugus, kemudian PD memberikan intruksi untuk merengkai benda-benda yang ada pada sup gugusnya sendiri menjadi benda yang paling panjang. Siapa yang terpanjang akan mendapatkan point tambahan.

ü   lombah gendong
Sup gugus menetukan temanya untuk dipindah dari start ke finis yang ditentukan panitia dengan cara digendong bergantian, jika pada barisan pertama suda memindah yang   digendong kebarisan kedua, maka barisan pertama segera kebarisan terakhir  untuk menyambung dan itu dilakukan yang lain agar bisa sampai garis finis

ü   kapal karam
PD meyiapkan Koran sebagai kapal. Kemudian peserta dari masing- masing sup gugus segera menaiki kapal tersebut, yang naik harus jumhlanya sama, kemudian ketua sup gugus segera, menyobek kapal tersebut sampai berkurang sedikit demi sedikit, siapa yang bertahan dengan diatas kapal tanda jatuh dengan kapal paling sempit maka dialah pemenagnya,

DINAMIKA GUGUS
Dalam dinamika gugus ini
ü  Begini N begitu
Peserta harus mengikuti gerakan dari PD sebagai Instruktur jika pada gerakannya di ikuti dengan kata begini, Namun jika di ikuti kata begitu maka tidak boleh di ikuti, dan jika di ikuti maka peserta wajib di hokum.

ü  Pesan Singkat
Setiap gugus di bariskan berbanjar lalu ketua gugus di berikan sebuah kata panjang yang akan dii sampaikan kepada anggota gugus tersebut, dan anggota terahir harus mengulang kata tersebut dengan benar.

ü  Rafia Ajaib
Setiap gugus di bariskan secara berbanjar dan bergandengan tangan, masing masing gugus di berikan satu lingkaran tali rafia dan gugus harus melingkarkan rafia tersebut melewati seluruh anggota gugus sebanyak 2 kali. Gugus yang pertama menyelesaikan nya adalah pemenangnya.

ü  Tebak Gambar
        Setiap gugus harus mengirimkan satu anggotanya yang akan membuat gambar dan akan di tebak oleh gugus yang lain.

ü  Cerdas Cermat
Seperti Permainan cerdas cermat biasa.

Catatan          : Untuk memancing daya saing dari berbagai gugus kita gunakan system gugus terbaik yang akan di berikan satu bintang dalam satu lomba yang di menangkan.




CARACTER BUILDING
Dalam Permainan ini peserta didik akan di latih agar dapat berkonsentrasi dan bermain sambil saling mengenali individu, bakat dan karakter masing masing jadi suguhkan permainan yang menguji kecerdasan para peserta didik seperti :
ü  Adi Ani
Permainan ini adalah permainan yang akan menguji konsentrasi peserta didik, dimana saat ada kata adi peserta harus duduk dan saat ada kata ani maka peserta harus duduk. panitia akan bercerita tentang kisah adi dan ani. (peserta yang salah akan di hukum).

ü  Kuda
Dalam permainan ini peserta di kondisikan melingkar, tangan kanan di biarkan terbuka menghadap ke atas dan yang kiri meninjuk ke bawah di atas tangan kanan rekan di sampingnya, dan jika panitia menyebutkan kata kuda maka mereka harus berlomba cepat menangkap.

ü  Sedang Apa ?
Dalam permainan ini pesrta di bagi menjadi dua regu yaitu regu putra dan regu putri, dan kemudian mereka di tugaskan agar bernyanyi sedang apa ? dan jawabanya secara terus menerus.
Dan tentunya banyak sekali permainan-permainan seperti ini.

Catatan          : Permainan ini di tujukan untuk melatih konsertrasi siswa juga agar siswa tidak jenuh dan siap saat menerima materi selanjutnya.
Usahakan agar jangan sampai peserta jenuh akan materi karena proses berjalannya materipun tak akan maksimal dan sebisa mungkin mengkondisikan peserta.

BERMAIN BERSAMA
Dalam bermain bersama juga akan tercipta keakraban dari masing-masing peserta didik, dalam metode bermain bersama ini kita dapat menggunakan permainan yang menarik seperti :
ü  Kereta buta
Permainan ini dapat di kemas dalam bentuk pergugus, jadi setiap gugus di tutup matanya kecuali yang berada di paling belakang dan yang paling belakan inilah yang akan mengarahkan mereka pada tujuan.

ü  Kucing dan Tikus
     Kucing dan tikus, ialah  permainan masa lampau yang sangat bisa di aplikasikan dalam memancing kesenangan di tengah kebekuan para peserta didik, udah tau kan permainannya ?? udah tau dong !!

ü  Pencuri dan polisi
Seluruh peserta di bariskan secara melingkar, jadi mereka harus melingkarkan tali rafia lingkaran yang berwarna merah dan biru, merah menjadi polisi, dan biru menjadi pencuri, rafia bibu harus di lingkarkan sebanyak 2 kali dan merah hanya sekali dan peserta yang mendapat kedua rafia akan menjadi tersangka. Dapat juga dalam pengaplikasiannya diiringi dengan menyanyi dan tepuk.

OUT BOUND
banyak sekali permainan out bound yang dapat di jadikan pilihan dalam MOPD seperti :
ü  Jaring Laba-laba
Dalam permainan ini tim fasilitator akan menyediakan jarring kotak-kotak yang akan di lewati seluruh peserta out bound dan akan di jadikan lomba antar gugus.

ü  Tarik tambang terbalik
Permainan ini sebagaimana tarik tambang biasa namun saling membelakangi lawan.
Catatan          : untuk memancing minat belajar dan keseruan dalam beradu kompak antar kelompok atau gugus gunakan system komtetisi yang melombakan keseluruhan permainan-permainan yang di laksanakan oleh peserta didik tiap gugus.



DESIGN KEGIATAN
            MOPD ialah sarana dalam mengawal transisi dari peserta didik yang semula dari MI/SD kini berjenjang ke SMP/MTs, dari SMP/MTs menuju jenjang SMA/MA/SMK dan membantu mereka agar mengenal sekeliling mereka dengan lebih baik. Sehingga di butuhkan kegiatan-kegiatan yang berkesan dan mendidik dalam proses tersebut guna membentuk karakter yang luhur dalam bertingkah laku dan belajar.

BENTUK KEGIATAN
MOPD ( masa orientasi peserta didik ) di kemas dalam bentuk yang menarik dan mengajak mereka berperan aktif dalam mengenali, dan membentuk karakter dan potensi mereka dalam bentuk berbagai permainan yang mengasah konsentrasi dan kecekatan. Sebagaimana berikut :

ü  Permainan yang mengajak peserta didik untuk berfikir
ü  Pendidikan karakter dengan berbagai tugas mandiri
ü  Kompetisi pengembangan potensi diri
ü  Materi pengenalan lingkungan
ü  Pengenalan organisasi pelajar NU


JADWAL PELATIHAN
                Adapun contoh dari jadwal kegiatan MOPD ialah sebagai berikut :
HARI
NO
JAM
MATERI
PELAKSANA

1
07.00 – 07.30
Upacara Pemukaan
SC + TD + TE

2
07.30 – 08.30
Ø  Pembagian gugus
Ø  Dinamika gugus
Ø  Observasi sekolah
PD

3
08.30 – 09.00
Kontak Belajar
SC + TD + TE







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harlah IPNU IPPNU, PAC MADURAN gelar pesta kembang api

Dalam memperingati hari lahir suatu organisasi tentunya perayaan dan peringatan merupakan sebuah hal yang wajib, oleh karena itu PAC IPNU IPPNU Maduran mengadakan peringatan hari lahir IPNU ke 62 dan IPPNU Ke 61 dengan berbagai lomba dan berpuncak pada gebyar shalawat Pelajar dan santri se kabupaten lamongan yang akan di hiasi puluhan kembang api yang meriah.

ketua umum IPPNU PP dari masa ke masa

1. Dra Hj umroh mahfudhoh (1955-1956) 2. Hj Basyiroh saimuri (1956-1960) 3. Hj machmudah Nachrowi (1960-1963) 4. Dra Hj Faridah Purnomo (1963-1966) 5. Dra Hj Machsanah Asnawi (1966-1976) 6. Dra Hj Ratu Ida mawaddah Noor (1976-1981) 7. Dra Hj Misnar ma'ruf Bachtiar (1981-1988) 8. Dra Hj Titien Asiah wahiduddin (1988-1996) 9. Dra Hj Ulfah Mashfufah (1996-1999) 10. Dra Hj Safira machrusah(1999-2003) 11. Ratu dian hatifah (2003-2006) 12. Siti Soraya Devi (2006-2009) 13. Hj Wafa Patria Umma (2009-2012) 14. margaret Aliyah Maimunah (2012-2015) 15. puti hasniyah (2015-2018)

di sini ada LOGIKA !

bismillah wal alhamdulillah... sejak sering berada di lingkungan organisasi kini ku sering mendengarkan dan berbica ra dengan teman2 mulai dari yg bermanfaat sampai tidak bermanfaat hehe..... tapi menurut ku tetap saja bermanfaat karna yg bernilai adalah kebersamaannya. sempat malam ini aku berfikir tentang logika. apa itu logika ? apakah logika selalu di kedepankan ketika berfikir? apakah anda yakin dg berlogika akan mendapatkan suatu kebenaran? Na...yuk kita belajar dari hadist. masih ingat dengan hadist ini kawan, "as sholatu imaadu ddin faman aqomaha faqod aqoomaddin faman tarookaha faqod hadaamaddin" yang katanya sholat itu sebagai tiang agama. bagimana kita bisa berlogika dengan pernytaan ini ?? maka, dengan mencari asbaabun nuzul dan asbaabul furudnya. kita bisa tau, mari kita hubungkan dengan hadist yg menjelaskan bahwa islam di bangun dengan 5 fondasi. di ataranya ada syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji. maka ketika di hubungkan dengan sholat adalah tiang agama...